MEMANFAATKAN LAHAN KOSONG KANTOR DESA UNTUK BERTANAM DENGAN TEHNIK HIDROPONIK DAN ORGANIK

Nadi ( 03/04/2018) : Di lingkungan Balaidesa Nadi masih ada beberapa lahan kosong yang belum termanfaatkan, dengan menggunakan dana BHP tahun 2017 perangkat Desa Nadi Berinisiatif untuk memanfatkan lahan kosong tersebut dengan menanami tanaman sayuran dengan tehnik hidroponik dan Organik.

 

Foto Rak Media Hidroponik (photo by Sugeng)

 

Hidroponik adalah tehnik menanam dengan metode tanpa tanah, metode yang digunakan dengan memanfaatkan rockwool sebagai media tanam, sedangkan untuk penunjang nutrisi tanaman menggunakan larutan AB Mix. Sistem Hidroponik yang digunakan mengunakan sistem sumbu, dimana tanaman menyerap nutrisi makanan melalui sumbu, sumbu yang digunakan menggunakan kain flanel atau sumbu kompor.

 

Foto Penanaman Sawi Dengan Hidroponik ( photo by Sugeng )

 

Keunggulan dari tehnik hidroponik ini sendiri adalah pengontrolan tanaman lebih baik, tidak perlu media tanam, dapat memanfaatkan lahan sempit dan membutuhkan waktu lebih singkat. Jenis tanaman yang ditanam di Kantor Balaidesa Nadi adalah sawi lokal, Pakcoy, Selada merah dan kangkung. Jenis sayuran ini dibudidayakan karena tidak memerlukan perawatan yang extra karena kegiatan ini hanya merupakan kegiatan sampingan selain menjalankan tugas sebagai perangkat Desa.

Selain Penanaman tehnik hiroponik juga menggunakan penanaman tehnik organik. Budidaya tanaman organik adalah budidaya tanaman menggunakan pupuk kompos yang sudah difermentasi menggunakan larutan NPKCa. Larutan NPKCa adalah larutan yang didapatkan dengan memanfaatkan tehnik fermentasi menggunakan alam sekitar misalnya unsur N didapatkan dari hasil fermentasi ikan Lele, P dari bongggol pisang, K dari serabut kelapa dan Ca dari cangkang telur. Dari Hasil fermentasi tersebut didapatkan mikroba yang akang bekerja mengurai unsur unsur yang terkandung dalam kompos sehingga dapat terserap oleh tanaman sebagai sumber makanan.

 

 

Tanaman Terong dengan tehnik Organik Umur 2 Minggu ( photo by Sugeng)

 

Keunggulan tehnik organik adalah dapat memanfaatkan potensi alam sekitar dan mengurangi ketergantungan pupuk Kimia. Selain itu produk organik lebih sehat karena semua dari alam.

 

Foto Tanaman Terong umur dua Bulan mulai berbuah ( photo by Sigit)

 

Foto hasil budidaya terong dengan organik ( photo by Sigit)

 

(sigit/Nadi)

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan